Search
  • Information Department

Manfaat Legalitas Industri Terhadap Omset Perusahaan


Legalitas atau perizinan sampai saat ini dinilai hanya sebagai suatu kewajiban untuk menghindari sanksi.



Untuk itu kami memberikan informasi mengenai benefit atau keuntungan apabila memiliki legalitas dalam bidang industri.


Dalam hal anda memiliki legalitas yang jelas dan benar (SIUP, IUI, NIB, dll) maka anda dapat secara terbuka menginformasikan nama perusahaan yang memproduksi produk tersebut (contoh "diproduksi oleh PT Indonesia Berdikari"), dengan demikian hal tersebut dapat berdampak secara tidak langsung terhadap nama baik perusahaan industri yang memproduksi produk tersebut, dan apabila terdapat pengusaha yang membutuhkan produk serupa untuk dijadikan bahan baku dan/atau diproduksi kembali untuk produk lain nya, produk dari perusahaan anda dapat menjadi solusinya.


Selain dari pada itu legalitas perusahaan industri anda juga merupakan persyaratan untuk dapat mendaftarkan Sertifikat SNI pada produk anda. Hingga saat ini SNI merupakan sebuah legalitas yang dianggap wajib hanya terhadap produk-produk tertentu (Mainan, Pupuk, Air Mineral, Biskuit, Garam, Gula, dll), namun perlu disadari bahwa pemenuhan SNI terhadap suatu produk dapat mendongkrak penjualan.


Pada tahun 2015, PT Petrokimia Gresik akan meluncurkan 4 varian produk Gypsum, dikutip dari forum SNI Mahindra selaku perwakilan perusahaan menyatakan bahwa pada awalnya terdapat kesulitan dalam hal penjualan produk, salah satunya dikarenakan adanya kebimbangan bagi konsumen terhadap standar yang diterapkan terhadap produk tersebut.

Pada tahun 2016 PT Petrokimia Gresik menerapkan SNI terhadap produk terkait Gypsum, dan hasilnya pada tahun 2017 penjualan varian produk tersebut meningkat secara signifikan.


Berikut informasi mengenai manfaat memiliki legalitas terkait dengan bidang industri yang dapat membantu meningkatkan penjualan dan omset perusahaan anda.


Selain dari pada manfaat kami juga akan menyampaikan resiko dalam hal perusahaan yang menjalankan kegiatan industri namun tidak memiliki legalitas industri (Izin Usaha Industri)


Hal ini diatur dalam Undang-Undang No 3 Tahun 2014 tentang Perindustrian, disebutkan bahwa setiap perusahaan yang menjalankan kegiatan industri wajib memiliki Izin Industri, dan berkaitan dengan hal tersebut telah ditetapkan sanksi administratif dalam Pasal 107 (3) yaitu Peringatan Tertulis, Denda Administratif, Penutupan Sementara dan Pencabutan Izin.



Penyegelan dan Penutupan Pabrik Industri Kayu pada Februari 2018

Kantor Kami :

Jl. Outer Ringroad Lingkar Luar

Sedayu Square Blok J No. 17 lt. 4

Cengkareng

Jakarta Barat

Call Center

0822 77 655 268

(Whatssapp Available)

Informasi & Bantuan

cs.perizinan.org@gmail.com

2017 Perizinan.org